Bahasa Pemrograman C++

expertadvisorku.blogspot.com adalah situs Bahasa Pemrograman, Informatika Teknologi, Pembuatan Aplikasi Php, C++, Java, QT, Visual Basic, Mysql dan Komunitas Relawan TIK Kaltim dan Download Buku Digital.

 Bahasa Pemrograman C++

A. C++ dan C

Bahasa Pemrograman yakni  tentang C++ dan C sebagai  bahasa pendahulu merupakan  termasuk bahasa pemrograman  tingkat menengah Pencipta C adalah Brian W  Kernighan dan Dennis M pada   tahun   1972    C   merupakan   bahasa   pemrograman terstruktur yang membagi  program ke dalam sejumlah (sub program)  yang tentu bertujuan agar memudahkan pembuatan dan pengembangan program, adapun program yang ditulis dengan C sangat mudah sekali dipindahkan dari satu  jenis mesin ke mesin lain, disebabkan adanya standarisasi C yaitu ANSI (American Nationa Standards In yang menjadi acuan para pembuat compiler C

Bahasa Pemrograman C++ diciptakan satu dekade sesudah C, maka  C++ diciptakan oleh Bjarne.S dari  Laboratorium Bel- AT&T pada tahun 1983  Pada awalnya C++ dibe “A better C”. Nama C++ sendiri diberi nama oleh Rick Mascitt   Adapun tanda C++ berasal dari operator ncremen  pada bahasa C.

Keistimewaan C++ adalah karena bahasa ini mendukung OOP (Object Oriented Programming). Tujuan utama pembuatan C++ adalah untuk meningkatkan produktivitas pemrogram dalam membuat aplikasi. Kebanyakan pakar setuju bahwa OOP dan C++ mampu mengurangi kompleksitas terutama program yang terdiri dari 10.000 baris lebih, bahkan dapat meningkatkan produktivitas 2x lipat dari C, Pascal dan Basic.

B. Object Oriented Programming (OOP)

AdapunIde dasar OOP yakni : mengkombinasikan data dan fungsi untuk mengakses data menjadi sebuah kesatuan unit. Unit ini dikenal dengan obyek. Sebagai gambaran untuk mempurmudah memahaminya, obyek sebenarnya dapat mencerminkan pola kerja manusia sehari-hari. Sebuah obyek dapat diibaratkan sebagai departemen di dalam sebuah perusahaan bisnis, misalnya departemen

-     penjualan
-     akunting
-     personalia


Pembagian departemen dalam perusahaan merupakan upaya untuk memudahkan pengoperasian perusahaan. Sebagai gambaran, jika Anda seorang manajer penjualan di kantor pusat ingin mengetahui data para salesmen di kantor cabang, apa yang Anda lakukan? Langkah yang Anda tempuh pasti bukan datang ke kantor cabang dan mencari data-data tersebut. Untuk memudahkan tugas Anda cukup Anda menyuruh sekretaris untuk meminta informasi. Masalah bagaimana dan siapa yang mencarikan bukanlah urusan Anda. Analogi dengan hal itu, kalau seseorang bermaksud menggunakan obyek, ia cukup mengirim pesan ke obyek dan obyek itu sendiri yang akan menanganinya.

C. Program C++

Program C++ dapat dibuat menggunakan sebarang editor teks maupun editor sekaligus compilernya. Program utama berekstensi (.CPP). Pada saat kompilasi program  utama  bersama  dengan  file  header  (.h)  akan  diterjemahkan  oleh compiler menjadi file obyek (.OBJ). Selanjutnya file obyek ini bersama-sama dengan file obyek lain dan file library (.LIB) dikaitkan menjadi satu oleh linker. Hasilnya adalah file (.EXE) executable.
D. Compiler C++

Aplikasi Compiler C++ yang sedang beredar di pasaran antara lain Microsoft C/C++ dan Visual C++. Keduanya dari Microsoft. Sementara Borland international juga mengeluarkan Turbo C++ dan Borland C++.


PENGENALAN PROGRAM C++

A. Hello World

Berikut ini contoh bahasa program C++ yang sederhana :
#include <iostream.h>
void main()
{
cout << “Hello world.\n”;
}
Setelah dicompile dan dirun, hasilnya adalah muncul pada layar Hello World.

B. Fungsi main()

Program C++ memang tidak akan pernah lepas dari suatu fungsi/function. Hal ini karena merupakan ciri OOP. Sebuah program C++ minimal memiliki satu fungsi yaitu main(). Fungsi ini merupakan awal program utama. Tulisan main() merupakan nama fungsi, sedangkan bagian yang diapit dengan { dan } disebut blok (tubuh fungsi). Dalam hal ini { merupakan tanda awal blok dan } adalah tanda akhir blok. Seperti halnya dalam Pascal, { dalam Pascal identik dengan BEGIN, sedangkan } identik dengan END. Perintah void bermakna bahwa fungsi main() tidak mengembalikan nilai/value.

Cara  penulisan  fungsi  main()  tidak  mutlak  seperti  di  atas.  Berikut  ini  cara penulisan yang lain
#include <iostream.h>
int main()
{
cout << “Hello world.\n”;
return 0;
}
C. Statement
Perintah  cout << “Hello world.\n”; merupakan  salah  satu  contoh statement.  Perintah  tersebut  digunakan  untuk  mencetak  tulisan  pada  layar. Setiap statement harus diakhiri dengan ;

Hal yang menjadi catatan penting di sini bahwa program C++ bersifat Case Sensitive (sangat Sensitif sekali), artinya huruf besar dan kecil dianggap beda.

Adapun Tanda \n digunakan untuk pindah baris.

D. File Header
Pada  contoh  di  atas,  iostream.h  disebut  file  header.  File  header  tersebut diperlukan  agar  perintah  cout  bisa  dijalankan.  Apabila  file  header  tersebut dihapus, maka akan terjadi error. Untuk mengakses file header, digunakan perintah #include <file header>, atau #include “file header”.
Dalam suatu program bisa jadi melibatkan lebih dari satu file header.

Catatan Penting :
Perintah cout << “Hello world.\n”;
dapat diganti dengan printf(“Hello world.\n”);
Akan tetapi untuk bisa menggunakan printf diperlukan file header stdio.h

E. Menghapus Layar


Dalam  C++,  perintah  clrscr()  ;  digunakan  untuk  menghapus/membersihkan layar. Perintah ini akan bisa dijalankan setelah ditambahkan file header conio.h
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
void main()
{
clrscr();
cout << “Hello world.\n”;
}
F. Komentar
Anda dapat menambahkan komentar pada program Anda. Berikut ini style untuk menambah komentar.

// ----------------------------------
// ini adalah komentarku yang pertama
// ----------------------------------
atau
/* ---------------------------------- ini adalah komentarku yang pertama
---------------------------------- */

G. Latihan

1. Buatlah program seperti di sperti dibawah ini :

#include <conio.h>
#include <iostream.h>
void main()
{
clrscr();
cout << “It is my first C++ program\n”;
cout << “I am sure that I will be familiar with this”;
cout << “--------------------------\n“;
}

Simpan dengan nama file PROGRAM1.CPP

a. Ubahlah salah satu huruf menjadi huruf besar pada perintah include. Compilelah, apa hasilnya?
b. Lakukan hal yang sama untuk conio, iostream, void, main, clrscr, cout, \n.
c. Tarik kesimpulan berdasarkan a dan b.

2. Dengan  menggunakan  printah  cout  atau  printf,  buatlah program C++ untuk menampilkan 3 huruf terdepan nama Anda. Misal    nama  Anda  AGUS,  maka  buatlah  tampilan  seperti berikut:

AAAAAAAAA  

GGGGGGGGGG  

UU  

UU
AAAAAAAAA    GGGGGGGGGG    UU    UU
AA     AA    GG    UU    UU
AA     AA    GG  GGGGGG    UU    UU
AAAAAAAAA    GG  GGGGGG    UU    UU
AA     AA    GG      GG    UU    UU
AA    AA    GGGGGGGGGG    UUUUUUUUUU
AA    AA    GGGGGGGGGG    UUUUUUUUUU

Berilah komentar pada setiap baris statement. Simpan dengan nama NAMAKU.CPP

Komentar