Cara membuat Aplikasi Mobile Iphone & Android

expertadvisorku.blogspot.com adalah situs Bahasa Pemrograman, Informatika Teknologi, Pembuatan Aplikasi Php, C++, Java, QT, Visual Basic, Mysql dan Komunitas Relawan TIK Kaltim dan Download Buku Digital.

 Cara membuat Aplikasi Mobile Iphone & Android

Dalam hal Cara membuat Aplikasi Mobile Iphone & Android tentu tidak dapat lepas dari suatu aplikasi baik offline maupun online sehingga user dapat mengeksekusinya dan aplikasi yang dibuatpun siap di gunakan.

 Sebelum expertadvisorku.blogspot.com membagi keilmuan Cara membuat Aplikasi Mobile Iphone & Android ada baiknya kita memahami lebih dahulu dalam hal Mukodimahnya (Caileee opo iki  pake mukodimah segala)....udah ngikut aja....pokoke..

DIGITAL siapa yang ngak kenal namanya digital maka saat inipun masuk Era Digital yakni Era mobile, Maka ada pertanyaan disini  Apakah diri ini hanya menjadi penikmat atau sebagai pembuat juga??????? Tidak bisa dipungkiri, Android dan iPhone merupakan platform ponsel pintar paling populer saat ini. Platform mobile lain, seperti Windows Phone dan BlackBerry, masih beradu cepat  mendekati jumlah pangsa pasar keduanya, Adapun saat ini Android 4.3 Jelly Bean merupakan OS terbaru yang secara resmi diluncurkan Google bila berbicara google maka tentu tidak lepas dari kwualitas dan kelbihan serta keutamaan yang dimiliki jika dibandingkan dengan OS sebelumnya.

5  keunggulan yang menonjol dari versi ini adalah konsumsi baterai yang lebih hemat, fitur auto complete pada menu panggilan, keyboard emoji, aplikasi kamera baru dan peningkatan performa yang signifikan.

Salah satu hal yang menjadi pembeda antara Android dan iPhone adalah pihak yang mengembangkan perangkat. Hanya Apple sendiri yang mengembangkan iPhone, sedangkan Android tampak seperti proyek "keroyokan" semua vendor.

sehingga menjadikan Android menjadi Sistem Operasi berbasis Open Source. Dimana semua orang siapapun didunia ini mau dan mampu, dapat ikut mengembangkan atau aplikasi-aplikasi yang dijalankan di Android.

Bagi yang ingin membuat aplikasi untuk Iphone dan Android maka Expertadvisorku akan membimbing anda dalam pembuatan Aplikasi, dalam hal ini akan dimbimbing dalam pembuatan aplikasinya sebagai contohnya saja selanjutnya anda dapat mengembangkannya lebih mendalam.


Contoh Cara membuat Aplikasi Mobile Iphone & Android kali ini tentang Markaz Buku Online yakni penjualan buku.


Dalam hal ini langkah pertaa kita menuju link http://www.appsme.com/ kemudian klik Tombol Make Your APP Now kemudian ikuti langkah selanjutnya perhatikan gambar dibawah ini :

Jika sudah akan akan keluar menu baru perhatikan gambar dibawah ini :

Jika sudah dilakukan maka muncul menu baru untuk mengisi usaha yang hendak anda promosikan.


Anda isi semua data-data sesuai apa yang anda promosikan kemudian jika sudah maka rubahlah tampilan utama anda yang mana ingin anda utamakan pada saat pertama tampil, perhatikan gambar dibawah ini sebagai urutannya.


Jika sudah maka Klik Tombol Continue dan pilih Icon anda dan warna tampilannya kemudian klik Tombol Finish, maka akan tampil seperti dibawah ini :



 
 Langkah yang kedua anda dapat mengunjungi link dibawah ini :

PhoneGap adapun situs resminya : www.phonegap.com



Nitobi Software sudah diakuisisi oleh Adobe. Kita bisa membuat aplikasi mobile untuk Iphone, Ipad, Android, Plam, Symbian, BB, Windows Mobile dan sebagainya. Caranya kita hanya menuliskan program dalam Html, css atau javascript kemudian mengirim ke compiler phonegap. Setelah decompile sesuai OS yang diinginkan, maka kita tinggal download dan implementasikan.

Langkah ke tiga anda dapat mengunjungi link dibawah ini :
iBuildApp adapun situs resminya adalah : www.ibuildapp.com

Pengembangkan via iOS dan saai ini sudah mempunyai Prinsip dasarnya yakni  dengan menyodorkan template siap pakai untuk Android dan iPhone. Kita bisa mengubah sesuai keinginan misal : warna, tema, logo, toombol dan kustomisasi. 


Langkah keempat anda dapat mengunjungi link dibawah ini :

Comduit Mobile adapun situs resminya : mobile.conduit.com

Dalam hal ini user atau pengguna akan melakukan sedikit  koding html, css dan javascript maka disini kita akan lupakan semua. Karena web ini menyediakan konsep template untuk dijalankan diberbagai platform. Syarat utamanya adalah kita harus mempunyai situs web atau blog atau media social seperti facebook dan twitter.

Langkah kelima anda dapat mengunjungi link dibawah ini :

Appiventor adapun situs resminya : www.appinventor.org

Awalnya ini dipakai untuk para developer pemula mengembangkan aplikasi untuk android. Namun kemudian diberikan kepada MIT. Berbeda dengan sebelumnya, di web ini murni tanpa template. Jadi hanya interface tapi minus proses coding. Jadi walaupun tidak jago coding,  tetapi harus mengerti konsep dan logika alur pemrograman.


Langkah keenam anda dapat mengunjungi link dibawah ini :

Shoutem adapun situs resminya : www.shoutem.com

Shoutem dapat digunakan untuk membuat aplikasi Android dan Iphone. User atau pengguna hanya  merancang dan menentukan apa yang bakal ditampilkan pada suatu aplikasi. Maka setelah itu ShoutEm yang ngatur bray. Dan hasil aplikasi bisa disambungkan ke AppStore dan juga Google Play.

Langkah ketujuh anda dapat mengunjungi link dibawah ini :



App Factory adapun situs resminya : http://mippin.com/appfactory/


Dalam hal ini aplikasi dapat anda buat dalam waktu yang sangat singkat jika anda ingin mencobanya silahkan kunjungi link diatas dan ingat setiap Pengelola mempunyai syarat dan ketentuan berlaku dalam artian mempunyai kebijakan masing-masing.


Silahkan juga membaca cara membuat aplikasi dengan bahasa pemrograman Php, Javascript (ajax), Javasript(js) :

Komentar