Cara Membuat Aplikasi Mobile dengan QT


 Cara Membuat Aplikasi Mobile dengan QT 

Qt (dibaca : kiut) dibuat pada tahun 1996 oleh perusahaan dari swedia yang bernama Trolltech. Qt memiliki sifat lintas platform maka developer dapat membuat aplikasi yang berjalan pada platform Windows, Linux, dan Mac. Dengan Qt kode yang sama dapat dijalankan pada target platform
yang berbeda.
Qt dirancang untuk pengembangan aplikasi dengan C++. Oleh karenanya, Qt berisi sekumpulan kelas-kelas yang tinggal dimanfaatkan saja, mulai dari urusan antarmuka (user interface), operasi input ouput, networking, timer, template library, dan lain-lain. Qt mendukung penuh Unicode (mulai versi 2.0) sehingga urusan internationalization (I18N) dan encoding teks bukan menjadi masalah. Walaupun merupakan free software, Qt terbukti stabil dan lengkap. Dibandingkan toolkit lain, Qt juga mudah untuk dipelajari dan dipersenjatai dengan dokumentasi dan tutorial yang ekstensif dan rinci.

Pada tahun 2008, Nokia mengakuisisi Trolltech untuk memperlancar strategi pengembangan aplikasi lintas platform. Saat ini strategi Nokia adalah memfokuskan teknologi pengembangan aplikasi mobile pada Qt sebagai single app development framework.
Untuk platform mobile, Qt mendukung beberapa sistem operasi diantaranya Symbian S60, Maemo, Symbian^3, dan MeeGo. Sedangkan untuk platform desktop, Qt mendukung sistem operasi Windows, Linux, dan Mac. 


Para developer dapat membuat aplikasi yang ditujukan untuk 80 juta pengguna symbian devices karena Qt mendukung untuk pengembangan berbasis Symbian S60 dan Symbian^3.
Beberapa aplikasi ternama juga telah menggunakan Qt Framework diantaranya   Google Earth map application,  Skype  telephony  application,  VLC  media  player,  KDE  desktop  environment,  dan  masih banyak lagi. Qt juga digunakan pada berbagai perangkat elektronik dan aplikasi industri, sebagai contoh adalah mobile transportation system yang dibuat oleh Volvo, MeVisLab digital imaging platform, dan RealFlow visual effect application pada industri dunia hiburan.

Tersedia beberapa class library yang dapat digunakan oleh developer untuk mempercepat pembuatan program, misalnya library untuk membuat GUI (Graphical User Interface), network programming, dan library untuk bekerja dengan XML.

Nokia mempermudah pengembangan aplikasi mobile dengan menyediakan Nokia Qt SDK yang berisi class library, IDE (Qt Creator), dan Qt Simulator.

Bahasa Pemrograman untuk Qt
Qt mendukung pengembangan dengan dua bahasa utama yaitu Object Oriented C++ dan Java. Namun untuk membuat aplikasi mobile diatas Nokia Qt SDK, bahasa pemrograman yang harus Anda kuasai adalah C++. Penggunaan bahasa java digunakan untuk membuat aplikasi berbasis desktop menggunakan Qt SDK.

Lisensi
Isu yang paling penting untuk developer adalah lisensi. Qt menawarkan 3 jenis lisensi, yaitu:

•    Qt Commercial
•    Qt GNU LGPL v2.1.
•    Qt GNU GPL v3.0.




Komentar