Belajar Mengenal C++ jika tidak kenal maka tidak sayang
Begitulah Pepatah yang dikeluarkan oleh seorang Programmer amatiran....
Didalam Buku"Mahir menganalisa pergerakan pasar dan membuat Expert Advisor tanpa guru dengan logika sendiri"
Menjelaskan secara tegas bahwa: Algoritma berarti solusi, ketika seseorang berbicara mengenai algoritma dalam hal pemograman maka secara automatis yang dimaksud adalah : Solusi dari suatu masalah yang harus di dapatkan jalan keluar dengan menggunakan perangkat lain seperti komputer atau yang lainnya oleh sebab itu algoritma harus dibuat secara sistematis agar komputer mengerti dan mampu mengerjakannya, maka analisis suatu kasus sangat dibutuhkan dalam membuat algoritma, seperti kita ingin membuat kopi panas maka yang harus kita lakukan adalah :
1. Menyiapkan Kopi
2. Menyiapkan gula
3. Menyiapkan gelas
4. Menyiapkan air panas
5. Menyiapkan alat untuk mengaduk seperti sendok
Setelah itu kita masukan Kopi, gula dan air panas ke gelas kemudian kita aduk dengan menggunakan sendok kemudian siap di hidangkan.
Maka jika kita ingin membuat suatu yang sistematis dan dapat dikenal oleh suatu perangkat seperti komputer maka bahasa manusia diatas harus diterjemahkan ke suatu bahasa pemograman yang dapat dikenal dan dipahami oleh perangkat keras itu yakni komputer.
Adapun bahasa pemograman banyak sekali yakni : Visual basic, Php, Html, C++, Java dan lain-lain, namun didalam buku ini kita mengambil salah satu bahasa pemograman tersebut yaitu : C++.
Dalam hal ini maka Ruang Pelajaran C++ akan hadir di expertadvisorku.blogspot.com sampai pada kedalaman profesional.
Baca Selengkapnya Disini :
Bahasa Pemrograman C++
A. C++ dan C
Bahasa Pemrograman yakni tentang C++ dan C sebagai bahasa pendahulu merupakan termasuk bahasa pemrograman tingkat menengah Pencipta C adalah Brian W Kernighan dan Dennis M pada tahun 1972 C merupakan bahasa pemrograman terstruktur yang membagi program ke dalam sejumlah (sub program) yang tentu bertujuan agar memudahkan pembuatan dan pengembangan program, adapun program yang ditulis dengan C sangat mudah sekali dipindahkan dari satu jenis mesin ke mesin lain, disebabkan adanya standarisasi C yaitu ANSI (American Nationa Standards In yang menjadi acuan para pembuat compiler C
Bahasa Pemrograman C++ diciptakan satu dekade sesudah C, maka C++ diciptakan oleh Bjarne.S dari Laboratorium Bel- AT&T pada tahun 1983 Pada awalnya C++ dibe “A better C”. Nama C++ sendiri diberi nama oleh Rick Mascitt Adapun tanda C++ berasal dari operator ncremen pada bahasa C.
Keistimewaan
C++ adalah karena bahasa ini mendukung OOP (Object Oriented
Programming). Tujuan utama pembuatan C++ adalah untuk meningkatkan
produktivitas pemrogram dalam membuat aplikasi. Kebanyakan pakar setuju
bahwa OOP dan C++ mampu mengurangi kompleksitas terutama program yang
terdiri dari 10.000 baris lebih, bahkan dapat meningkatkan produktivitas
2x lipat dari C, Pascal dan Basic.
B. Object Oriented Programming (OOP)
AdapunIde dasar OOP yakni : mengkombinasikan data dan fungsi untuk mengakses data menjadi sebuah kesatuan unit. Unit ini dikenal dengan obyek. Sebagai gambaran untuk mempurmudah memahaminya, obyek sebenarnya dapat mencerminkan pola kerja manusia sehari-hari. Sebuah obyek dapat diibaratkan sebagai departemen di dalam sebuah perusahaan bisnis, misalnya departemen
- penjualan
- akunting
- personalia
Pembagian departemen dalam perusahaan merupakan upaya untuk memudahkan pengoperasian perusahaan. Sebagai gambaran, jika Anda seorang manajer penjualan di kantor pusat ingin mengetahui data para salesmen di kantor cabang, apa yang Anda lakukan? Langkah yang Anda tempuh pasti bukan datang ke kantor cabang dan mencari data-data tersebut. Untuk memudahkan tugas Anda cukup Anda menyuruh sekretaris untuk meminta informasi. Masalah bagaimana dan siapa yang mencarikan bukanlah urusan Anda. Analogi dengan hal itu, kalau seseorang bermaksud menggunakan obyek, ia cukup mengirim pesan ke obyek dan obyek itu sendiri yang akan menanganinya.
C. Program C++
B. Object Oriented Programming (OOP)
AdapunIde dasar OOP yakni : mengkombinasikan data dan fungsi untuk mengakses data menjadi sebuah kesatuan unit. Unit ini dikenal dengan obyek. Sebagai gambaran untuk mempurmudah memahaminya, obyek sebenarnya dapat mencerminkan pola kerja manusia sehari-hari. Sebuah obyek dapat diibaratkan sebagai departemen di dalam sebuah perusahaan bisnis, misalnya departemen
- penjualan
- akunting
- personalia
Pembagian departemen dalam perusahaan merupakan upaya untuk memudahkan pengoperasian perusahaan. Sebagai gambaran, jika Anda seorang manajer penjualan di kantor pusat ingin mengetahui data para salesmen di kantor cabang, apa yang Anda lakukan? Langkah yang Anda tempuh pasti bukan datang ke kantor cabang dan mencari data-data tersebut. Untuk memudahkan tugas Anda cukup Anda menyuruh sekretaris untuk meminta informasi. Masalah bagaimana dan siapa yang mencarikan bukanlah urusan Anda. Analogi dengan hal itu, kalau seseorang bermaksud menggunakan obyek, ia cukup mengirim pesan ke obyek dan obyek itu sendiri yang akan menanganinya.
C. Program C++
Program C++ dapat dibuat menggunakan sebarang editor teks maupun editor sekaligus compilernya. Program utama berekstensi (.CPP). Pada saat kompilasi program utama bersama dengan file header (.h) akan diterjemahkan oleh compiler menjadi file obyek (.OBJ). Selanjutnya file obyek ini bersama-sama dengan file obyek lain dan file library (.LIB) dikaitkan menjadi satu oleh linker. Hasilnya adalah file (.EXE) executable.
Baca Selengkapnya Disini
Bahasa
pemrograman C sudah berhasil digunakan untuk mengembangkan berbagai
jenis permasalahan pemrograman, dari level operating system (unix,
linux, ms dos, dan lain-lain), aplikasi perkantoran (text editor, word
processor, spreadsheet, dan lain-lainnya), bahkan sampai pengembangan
sistem pakar (expert system). Kompiler C juga telah tersedia di semua
jenis platform komputer, mulai dari Macintosh, UNIX, PC, Micro
PC, sampai super komputer. C bisa disebut bahasa pemrograman
tingkat menengah (middle level programming language). Arti tingkat
(level) disini adalah kemampuan mengakses fungsi-fungsi dan
perintah-perintah dasar bahasa mesin/hardware (machine basic
instruction set). Semakin tinggi tingkat bahasa pemrograman
(misalnya: java), semakin mudahlah bahasa pemrograman
dipahami manusia, namun membawa pengaruh semakin berkurang kemampuan
untuk mengakses langsung instruksi dasar bahasa mesin. Demikian juga
sebaliknya dengan bahasa pemrograman tingkat rendah (misalnya:
assembler), yang semakin sulit dipahami manusia dan hanya
berisi perintah untuk mengakses bahasa mesin.
Baca Selanjutnya Disini
A. Identifier (Pengenal)
Pengenal adalah suatu nama yang biasa dipakai dalam pemrograman untuk menyatakan variabel, konstanta, tipe data, dan fungsi.
Aturan untuk penulisan identifier sama dengan aturan dalam pascal, antara lain:
- Tidak boleh dimulai dengan karakter non huruf
- Tidak boleh ada spasi
- Tidak boleh menggunakan karakter-karakter
~ ! @ # $ % ^ & * ( ) + ` - = { } [ ] : " ; ' < > ? , . / |
- Tidak boleh menggunakan reserved words yang ada dalam C++.
Baca Selengkapnya Disini
- menjumlahkan dua nilai
- memberikan nilai ke suatu variabel (assignment)
- membandingkan kesamaan dua nilai.
B. Operator Aritmatika
Operator ini digunakan untuk perhitungan dasar aritmatika. Operator ini antara lain
Operator Keterangan Contoh
* Perkalian 2*3
/ Pembagian 7/2
% Modulo 7%2
+ Penjumlahan 5+4
- pengurangan 5-4
C. Tingkat Presedensi Operator Aritmatika
Operator yang mempunyai prioritas tinggi akan diutamakan dalam hal pengerjaan dibandingkan dengan operator yang memiliki prioritas lebih rendah. Berikut ini tingkat presedensi operator aritmatika (semakin ke bawah prioritas makin rendah):
Contoh no. 3 di atas prosesnya adalah mula-mula b diberi nilai 1, kemudian variabel a diisi dengan nilai penjumlahan 2 dan 1.
Baca Selengkapnya Disini
Baca Selanjutnya Disini
A. Identifier (Pengenal)
Pengenal adalah suatu nama yang biasa dipakai dalam pemrograman untuk menyatakan variabel, konstanta, tipe data, dan fungsi.
Aturan untuk penulisan identifier sama dengan aturan dalam pascal, antara lain:
- Tidak boleh dimulai dengan karakter non huruf
- Tidak boleh ada spasi
- Tidak boleh menggunakan karakter-karakter
~ ! @ # $ % ^ & * ( ) + ` - = { } [ ] : " ; ' < > ? , . / |
- Tidak boleh menggunakan reserved words yang ada dalam C++.
Baca Selengkapnya Disini
OPERATOR DAN STATEMENT
A. Pengantar Operator
Operator merupakan simbol yang biasa dilibatkan dalam program untuk melakukan suatu operasi atau manipulasi, misalnya untuk:
Operator merupakan simbol yang biasa dilibatkan dalam program untuk melakukan suatu operasi atau manipulasi, misalnya untuk:
- menjumlahkan dua nilai
- memberikan nilai ke suatu variabel (assignment)
- membandingkan kesamaan dua nilai.
B. Operator Aritmatika
Operator ini digunakan untuk perhitungan dasar aritmatika. Operator ini antara lain
Operator Keterangan Contoh
* Perkalian 2*3
/ Pembagian 7/2
% Modulo 7%2
+ Penjumlahan 5+4
- pengurangan 5-4
C. Tingkat Presedensi Operator Aritmatika
Operator yang mempunyai prioritas tinggi akan diutamakan dalam hal pengerjaan dibandingkan dengan operator yang memiliki prioritas lebih rendah. Berikut ini tingkat presedensi operator aritmatika (semakin ke bawah prioritas makin rendah):
- (operator unary negatif)
* / %
+ -
D. Assignment Lanjut
Assignment merupakan proses pemberian nilai pada suatu variabel. Berikut ini contoh-contohnya:a = 1;
a = 2 + b;
a = 2 + (b = 1);
Contoh no. 3 di atas prosesnya adalah mula-mula b diberi nilai 1, kemudian variabel a diisi dengan nilai penjumlahan 2 dan 1.
a = b = c = d = e = 1;
Contoh tersebut identik dengan:
e = 1; d = e; c = d; b = c; a = b;
Baca Selengkapnya Disini
Komentar
Posting Komentar